Fakultas UNS

M0519037 Fauzy Prasetyo Adhi Penulis Mahasiswa Program Studi Informatika Fakultas MIPA


A. Latar Belakang
        
    Universitas Negeri Sebelas Maret adalah salah satu diantara universitas terbaik di Indonesia.Riwayat yang tidak perlu diragukan lagi, menjadikan Universitas Negeri Sebelas Maret ini menjadi universitas nomor dua dengan pendaftar SBM terbanyak.Dengan visi Menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional. Universitas Sebelas Maret atau dikenal dengan sebutan UNS ini sangat dipercaya dan dikenal sebagai Universitas yang berbudi luhur. Sebagai mahasiswa UNS saya akan memperkenalkan kepada para pembaca tentang sejarah UNS, visi dan misi,tujuan kerja, serta fakultas yang terdapat dalam Universitas Sebelas Maret.

B. Tujuan Artikel Ilmiah
  1. Mengenal dan mengetahui visi, misi, tujuan kerja Universitas Sebelas Maret.
  2. Membahas tentang fakultas- fakultas yang terdapat dalam Universitas Sebelas Maret.
C. Pembahasan.

    Seperti namanya, Universitas Sebelas Maret didirikan pada tanggal 11 Maret 1976 pukul 10:00 dengan dibacanya Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang pembukaan “Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret”. UNS memiliki kampus induk terpadu di Kentingan, Jebres, Surakarta seluas + 60 ha yang diperoleh dari Walikota Surakarta melalui Surat Keputusan Walikota Surakarta tanggal 18 Oktober 1976 nomor 238/Kep/T3/1976. Dalam perkembangannya, pada tahun 1982 nama dan singkatan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret Surakarta (UNS Sebelas Maret), ditetapkan menjadi Universitas Sebelas Maret yang disingkat UNS. Perubahan nama dan singkatan ini diresmikan dengan Keputusan Presiden RI No. 55 Tahun 1982.
  •  Arti Lambang UNS

      Anatomi lambang UNS berbentuk bunga dengan 4 daun bunga sebagai visualisasi bangsa, yang berarti pendidikan putra-putri bangsa yang kelak akan mengharumkan nama bangsa & negara, Tiga daun bunga; atas, samping kanan & samping kiri merupakan pengejawantahan tri dharma perguruan tinggi, Satu daun bunga dibawah terdiri atas 5 satuan melambangkan sila-sila Pancasila, garis pembentuk 4 daun bunga dibuat secara berantai sedemikian rupa menggambarkan kesatuan civitas akademika UNS.
 
Bunga  melambangkan bangsa Indonesia; tiga daun bunga merupakan pengejawantahan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan gerigi yang berujung lima pada daun bunga di bawah merupakan lambang kelima sila dari Pancasila; garis tepi yang tidak terputus-putus merupakan gambaran dari kesatuan dan persatuan warga Universitas.

Bentuk kepala putik bunga digambarkan sebagai Wiku yang berasal dari bahasa Pali , yang kurang lebih bermakna orang yang berilmu. Wiku dengan nyala api di pusat wajahnya  melambangkan pancaran pikiran yang penuh kebijaksanaan, kearifan dan keluhuran budi serta sinar keabadian ilmu pengetahuan.

Rangkaian kata yang melingkar merupakan candra sengkala yang masing-masing mengandung makna: mangesthi berarti angka 8, luhur berarti angka 0, ambangun berarti angka 9, dan nagara berarti angka 1; dengan dibaca dari belakang menunjukkan angka 1908, yaitu tahun Jawa ketika berdirinya Universitas  pada tahun masehi 1976; praba yang melingkar dan bersinar melambangkan pancaran kesucian dan keluhuran budi.

Kesatuan hal-hal tersebut berada di dalam lingkaran yang bertuliskan Universitas Sebelas Maret dan singkatan UNS. Warna biru langit melambangkan ikrar kesetiaan dan kebaktian kepada Negara, Bangsa dan Ilmu Pengetahuan.

Secara keseluruhan lambang UNS memvisualisasikan cita-cita luhurnya untuk membangun bangsa, Candra Sangkala itu seolah Praba yang bersinar, Praba dalam sejarah agama & pewayangan dipakai oleh orang suci, bijaksana dan berbudi luhur. Pusat lambang itu adalah otak Wiku (orang yang berilmu) yang digambarkan sebagai nyala api, mengisyaratkan sinar keabadian ilmu pengetahuan yang menerangi menuju pensejahteraan manusia. Warna biru laut merupakan ikrar kesetiaan dan kebaktian terhadap bangsa, negara, tanah air dan ilmu pengetahuan.
  • Visi UNS
    Menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional
  1.  Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  2.  Menyelenggarakan penelitian yang mengarah pada penemuan baru di bidang ilmu, teknologi, dan seni.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat.
  1. Terciptanya lingkungan yang mendorong warga kampus mengembangkan kemampuan diri secara optimal
  2. Dihasilkannya lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, cerdas, terampil, mandiri, sehat jasmani, rohani, dan sosial
  3. Terciptanya wahana pengembangan IPTEK yang berdaya guna dan berhasil guna
  4. Terwujudnya desiminasi hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian kepada masyaarkat sehingga terjadi transformasi berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih sejahtera
  5. Terwujudnya desiminasi hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian kepada masyaarkat sehingga terjadi transformasi berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih sejahtera
  6. Terwujudnya pranata kehidupan yang beradab menuju terciptanya masyarakat yang tertib dan damai
  7. Terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdaulat, bersatu, adil, dan makmur
  8. Terwujudnya Universitas Sebelas Maret sebagai universitas bereputasi internasional (internationally reputable university).
 Fakultas yang terdapat dalam Universitas Sebelas Maret
  1. Fakultas Ilmu Budaya

    Fakultas Ilmu Budaya merupakan salah satu fakultas yang berdiri sejak Universitas Sebelas Maret didirikan pada tahun 1976. Pada masa-masa awal, fakultas ini dikenal dengan nama Fakultas Sastra dan Budaya, kemudian berubah menjadi Fakultas Sastra, berubah lagi menjadi Fakultas Sastra dan Seni Rupa. Kemudian, pada tahun 2014, fakultas ini berubah nama menjadi Fakultas Ilmu Budaya.
    Sejak berdiri empat puluh tahun silam, FIB UNS terus meningkatkan kuantitas dan kualitas kontribusinya kepada masyarakat, baik melalui riset, pembelajaran, maupun melalui berbagai kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Fakultas Ilmu Budaya berperan sangat penting dalam pelestarian, aktualisasi, dan peningkatan nilai-nilai luhur peradaban nasional, terutama nilai luhur budaya Jawa. (https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjana)
    Fakultas Ilmu Budaya UNS telah menjadi tempat berkumpul dan penghubung para pemerhati dan pakar kebudayaan, bukan hanya dari Indonesia tetapi juga dari belahan bumi lainnya. Karena itu, Fakultas Ilmu Budaya bertekad untuk terus memajukan pendidikan demi peradaban yang lebih baik.
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) berdiri pada tahun 1976, bersamaan dengan peresmian berdiri­nya Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1976 Tentang Pendirian Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, tanggal 8 Maret 1976. Berdasarkan Struktur Organisasi dan Tata Kerja yang Baru,  FISIP UNS merupakan  salah satu dari 10 fakultas yang ada di UNS yang  memiliki sarana dan prasana penunjang proses pembelajaran di FISIP UNS.(https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjana)
  3. Fakultas Hukum

    Pada awal berdirinya Fakultas Hukum UNS dibuka dengan tiga jurusan, yakni: Jurusan Hukum Keper­dataan, Jurusan Hukum Pidana, Jurusan Hukum Tata Negara. Saat ini Fakultas Hukum mempunyai 1 (satu) pro­gram studi yaitu Program Studi Ilmu Hukum, dan dengan SK Rektor Universitas Sebelas Maret No.162/J27/PP/1999 tentang Pengem­bangan Bagian, Fakultas Hukum memiliki 7 Bagian yaitu Bagian Hukum Keperdataan, Bagian Hukum dan Masyarakat, Bagian Hukum Acara, Bagian Hukum Admi­nistrasi Negara, Bagian Hukum Tata Negara, Bagian Hukum Pidana dan Bagian Hukum Internasional.https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjana
  4. Didirikan pada saat UNS lahir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS (FEB UNS) menawarkan program pendidikan berkualitas dengan jenjang sarjana, master, doktor dan pendidikan profesi. FEB UNS saat ini memiliki 13 program studi yang terdiri dari tiga program sarjana, tiga program magister, satu program doktor dan enam program diploma. Semua program telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional perguruan tinggi Indonesia.(https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjana)
    FEB UNS memiliki lebih dari 1.000 mahasiswa setiap tahun dan telah meluluskan lebih dari 8.000 sarjana dan 1.000 alumni pascasarjana. Didukung oleh lebih dari 150 dosen tetap dan jaringan alumni lebih dari 9.000 orang, FEB UNS memiliki peran penting dalam pembangunan nasional Indonesia. Meskipun secara struktur di bawah langsung universitas, namun FEB UNS memiliki beberapa kewenangan otonomi, terutama di bidang kurikulum dan pengajaran, perencanaan strategis, pengembangan sumber daya manusia, alokasi anggaran, dan manajemen fasilitas dan peralatan. (https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjana)
    FEB UNS telah menetapkan visi untuk menjadi fakultas ekonomi dan bisnis yang diakui secara internasional. FEB UNS telah mengembangkan kemitraan dengan universitas dan institusi luar negeri terkemuka seperti Purdue University (United States), University of Limoges (France), University of Twente (Netherlands), University of Portsmouth (United Kingdom), Science Po Toulouse (France), dan Curtin University Australia. FEB UNS adalah the Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). Pada tahun 2016, Program Magister Manajemen FEB UNS telah diakreditasi oleh the Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow (ABEST21). FEB UNS juga telah berhasil menyelenggarakan sejumlah kegiatan akademik bergengsi tingkat nasional dan internasional.(https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjana)
  5. Sebagaimana Fakultas Kedokteran di Indonesia, untuk kegiatan pendidikan mahasiswa menggunakan Rumah Sakit Umum Pusat "Surakarta" yang sekarang menjadi Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Dr. Moewardi Surakarta yang merupakan Rumah Sakit Pendidikan, berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dituangkan dalam Surat Keputusan Bersama Nomor : 544/Men.Kes./SKB/X/81043a/U/1981 324 A Tahun 1981 Tanggal : 23 Desember 1981
  6. Fakultas Teknik                                                                                                  Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret berdiri bersamaan dengan Universitas Sebelas Maret tanggal 11 Maret 1976. Dasar hukum pendirian Universitas Sebelas Maret adalah Keppres R.I. nomor 10 tahun 1976. Pada saat itu nama perguruan tinggi ini adalah Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret. Berrdasarkan Keppres nomor 55 tahun 1982 nama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret menjadi Universitas Sebelas Maret. (https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjanaDengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah nomor 5/1980 tentang Pokok-Pokok Organisasi Universitas/Institut Negeri dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 0201/O/1995 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Sebelas Maret maka mulai tahun 1980/1981 Fakultas Teknik menyelenggarakan program studi S1 Teknik Sipil dan disusul dengan pembukaan program studi S1 Arsitektur. Pada tahun akademik 1994/1995 program studi S1 Teknik Sipil dan S1 Arsitektur menyelenggarakan program studi S1 Non Reguler. Berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti Nomor 53/DIKTI/ Kep/1998 tanggal 23 Pebruari 1998 pada tahun akademik 1998/1999 Fakultas Teknik menyelenggarakan 3 program studi baru yaitu program studi S1 Teknik Industri, S1 Teknik Kimia dan S1 Teknik Mesin. https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjanaPada tahun akademik 1999/2000, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33/DIKTI/Kep/1999 tanggal 17 Pebruari 1999, Fakultas Teknik menyelenggarakan program studi Diploma III Teknik Mesin dan Teknik Sipil, kemudian tahun akademik 2000/2001 menyelenggarakan program studi Diploma III Teknik Kimia berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 36/DIKTI/Kep/2000 tanggal 25 Pebruari 2000. Pada tahun akademik 2006/2007 membuka program magister S2 Teknik Sipil dan program studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dengan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi nomor 1185/D/T/2006 tanggal 12 April 2006 tentang Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi Baru pada Universitas Sebelas Maret. Berdasarkan surat Dirjen Dikti No. 2331/D/T/2009 tanggal 7 Desember 2009 membuka program magister S2 Teknik Mesin, kemudian berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 419/E/O/2014 membuka program magister S2 Teknik Industri dan S2 Teknik Kimia. Sedangkan berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.17/E/O/2014 Tanggal 24 April 2014, pada tahun akademik 2014/2015 Fakultas Teknik membuka program studi S1 Teknik Elektro. Kemudian berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor.56/KPT/I/2016 membuka program doktor S3 Teknik Sipil. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 62/KPT/2016 membuka program doktor S3 Ilmu Teknik Mesin, dan berdasarkan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 4000/KPT/I/2016 membuka program magister S2 Arsitektur. Pada akhir tahun 2017 Fakultas Teknik mendirikan program baru yaitu Program Profesi Insinyur berdasarkan SK Menristekdikti nomor 596/KPT/I/2017 tentang Izin Pembukaan Program Studi Program Profesi Insinyur Program Profesi pada Universitas Sebelas Maret di Kota Surakarta. https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjanPada tahun akademik 2018/2019 jumlah mahasiswa terdaftar di Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret sebanyak 3.673 mahasiswa terdiri atas Program S1 Reguler 2.887 mahasiswa, program Diploma 563 mahasiswa, program S2 201 mahasiswa, dan program S3 sebanyak 22 mahasiswa. (https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjana)Sampai dengan periode wisuda Desember  2018 Fakultas Teknik UNS telah meluluskan sebanyak 9.858 sarjana, terdiri dari Teknik Sipil 3.814 sarjana, Arsitektur 2.004 sarjana, Teknik Industri 751 sarjana, Teknik Mesin 559 sarjana, Teknik Kimia 640 sarjana, Perencanaan Wilayah dan Kota 262 sarjana, dan Teknik elektro 7 sarjana. Untuk program S1 Non Reguler meluluskan: Teknik Sipil 954 sarjana, Arsitektur 114 sarjana, Teknik Industri 291, Teknik Mesin 301 sarjana dan Teknik Kimia 161 sarjana. Sedangkan dari Program Diploma III telah meluluskan sebanyak 4.037 ahli madya yang terdiri dari Teknik Mesin Industri 395 orang, Teknik Mesin Produksi 585 orang, Teknik Mesin Otomotif 505 orang, Teknik Sipil Gedung 695 orang, Teknik Sipil Transportasi 403 orang, Teknik Sipil Insfrastruktur Perkotaan 349 orang dan Teknik Kimia 1.060 orang. https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjanaJumlah tenaga dosen PNS yang dimiliki Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret kondisi bulan Desember tahun 2018 sebanyak 175 orang terdiri atas:  Program Studi Teknik Sipil berjumlah 39 dosen laki-laki dan 12 dosen perempuan, Program Studi Arsitektur berjumlah 20 dosen laki-laki dan 13 dosen perempuan, Program Studi Teknik Industri berjumlah 17 dosen laki-laki dan 6 dosen perempuan, Program Studi Teknik Kimia berjumlah 12 dosen laki-laki dan 7 dosen perempuan, Program Studi Teknik Mesin berjumlah 28 dosen laki-laki dan 1 dosen perempuan, Program Studi PWK berjumlah 4 dosen laki-laki dan 9 dosen perempuan, serta Program Studi Teknik Elektro berjumlah 7 dosen laki-laki. Sedangkan dosen non PNS berjumlah 13 orang. Dari jumlah dosen PNS tersebut, 67 orang (38,29 %) berkualifikasi S-3 dan 108 orang (61,71 %) berkualifikasi S-2. Sedangkan jumlah dosen yang sedang menempuh studi lanjut untuk jenjang S-3 sebanyak 32 orang, yaitu studi lanjut dalam negeri sebanyak 25 orang, dan studi lanjut luar negeri sebanyak 7 orang.

  7. Setelah melalui proses embrionalisasi cukup panjang akhirnya berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI NO. 10 tahun 1976 tertanggal 8 Maret 1976, IKIP negeri Surakarta, STO Negeri Surakarta, Akademi Administrasi Niaga (AAN) Surakarta dan Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional Veteran (PTPN) Cabang Surakarta yang semula berhimpun dalam Universitas Gabungan Surakarta kemudian menjelma menjadi Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret (UNS). IKIP Negeri Surakarta dan STO Negeri Surakarta menjadi Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 55 tahun 1982 nama tersebut berubah menjadi Universitas Sebelas Maret (UNS), Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) bergabung menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). https://uns.ac.id/id/fakultas-dan-pascasarjana

  8. Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta berdiri berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud tertanggal 1 Oktober 1996 No : 0297/O/1996 dan diresmikan pada tanggal 2 Mei 1997 yang terdiri dari empat jurusan, yaitu Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika. Jurusan Matematika FMIPA UNS merupakan embrio berdirinya FMIPA UNS yang mulai dirintis sejak tahun 1982. Pada tahun 1986-1994 dirintis pula kerjasama antara UNS dengan International Development Project (IDP)-Australia dalam pengembangan ilmu-ilmu dasar khususnya Matematika, bentuk kerjasama yang pada waktu itu diberikan antara lain kegiatan technical assistance untuk proses belajar mengajar serta materi dan kurikulum untuk bidang matematika. Rintisan kerjasama inilah yang pada akhirnya dapat menjembatani berdirinya Program Studi Matematika di Jurusan Teknik Sipil UNS berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor: 206/D2/1989 tanggal 26 Januari 1989. Selanjutnya pada tgl 12 Juli 1995 diusulkan kepada Dirjen Dikti tentang pendirian FMIPA UNS, yang pada akhirnya Mendikbud menerbitkan SK berdirinya FMIPA UNS tersebut. Pada tahun 1996 UNS memenangkan hibah DUE selama 5 tahun salah satunya untuk pengembangan FMIPA UNS. Program yang dilakukan adalah “staff development” atau studi lanjut (degree program), pengembangan laboratorium, program pengembangan kurikulum dan PBM.
  9. Fakultas Keolahragaan
    Peran strategis yang dapat dimainkan oleh Fakultas Keolahragaan UNS meliputi tugas pokok menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi, untuk itu berbagai upaya dalam hal perencanaan strategis, merespon tantangan-tantangan, serta penentuan paradigma baru dalam penataan institusi harus bersifat sistematis melalui pengembangan visi dan misi Fakultas Keolahragaanyang lebih realistis. Dalam upaya memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan pengembangan keilmuan Fakultas Keolahragaan UNS memiliki peran yang besar terutama dalam menyiapkan SDM ilmuwan yang berkualitas. Pada gilirannya SDM ini mampu mengisi di berbagai jaringan yang berkualitas guna mewujudkan hal tersebut, perlu dilakukan langkah-langkah strategis sehingga Fakultas Keolaharagan mampu berkontribusi meningkatkan daya saing bangsa (nation’s competitiveness).
  10. Fakultas Pertanian

    Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta semula berasal dari Fakultas Pertanian Universitas Swasta yang tergabung dalam Universitas Gabungan Surakarta. Selanjutnya Universitas Gabungan Surakarta diresmikan menjadi Universitas Negeri pada tanggal 11 Maret 1976 dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No 10 tahun 1976, tertanggal 8 Maret 1976 semula bernama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret disingkat UNS.
  11. Fakultas Seni Rupa dan Desain
    Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang telah berdiri pada 20 Agustus 2014 dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 82 Tahun 2014 menjadi fakultas kesepuluh yang dimiliki Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo saat ini. Sebagai fakultas baru, yang lahir ditengah keberadaan universitastinggi yang telah memiliki 9 fakultas sangatlah menarik dan menantang untuk bersinergi menjadi tumbuh lebih besar.
C. Kesimpulan


Dalam artikel ini, dapat disimpulkan bila Universitas Sebelas Maret didirikan pada tanggal 11 Maret 1976 dengan 11 Fakultas diantaranya :
1. Fakultas Ilmu Budaya
2. Fakultas Hukum
3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
5. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
6. Fakultas Kedokteran
7. Fakultas Teknik
8. Fakultas Pertanian
9. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
10. Fakultas Seni Rupa dan Desain
11. Fakultas Keolahragaan

Sumber :
i.        https://mipa.uns.ac.id/
j.        https://fkor.uns.ac.id/

Comments